Selasa, 10 April 2012

SBY : SEGERA KEMBALIKAN 3 PETUGAS KKP DENGAN SELAMAT!

RumahTUJUH - SBY sampaikan sikap tegas terkait insiden penangkapan tiga petugas KKP Kepulauan Riau oleh Polis Maritim Diraja Malaysia di perairan Pulau Bintan.


"Masalah seperti ini harus diselesaikan secara cepat, tegas dan tepat, karena berkaitan dengan kepentingan nasional kita" ujar Presiden SBY dalam pidatonya di Mabes TNI, Cilangkap, Rabu (1/9).

Dalam pidatonya, SBY menyampaikan sikap pemerintah yang akan tetap mengambil jalan diplomasi. "Terhadap insiden ini, kita semua sangat prihatin, dan saya ingin agar masalah ini segera diselesaikan secara tuntas, mengutamakan langkah-langkah diplomasi," ujarnya tegas.

Selanjutnya SBY menyampaikan, sudah memberikan instruksi pada aparat terkait untuk melakukan pengusutan dengan prioritas memulangkan tiga petugas tersebut. "Pertama, saya minta agar ketiga petugas KKP segera dikembalikan dalam keadaan selamat. Kedua, saya juga memerintahkan untuk mengusut tuntas apa yang sebenarnya terjadi dalam insiden tersebut," tutur SBY.


Dari pidato SBY tersebut, Hindari kekerasan dan kedepankan diplomasi ialah kesimpulan sikap Indonesia menanggapi gejolak dengan Malaysia.  Sebagian kalangan di tanah air mewacanakan perang sebagai solusi masalah antara Indonesia dan Malaysia yang memanas. Tetapi Presiden SBY lebih memilih cara diplomasi damai daripada angkat senjata.



Di akhir pidatonya, SBY berharap kedepannya insiden seperti ini harus dicegah, agar tidak terus menimbulkan permasalahan antar kedua negara. Menuntaskan perundingan batas wilayah antara Malaysia dan Indonesia, dan berbagai bentuk koordinasi kedua negara ialah salah satu cara penyelesaian masalah yang dapat ditempuh.




Tugas PENULISAN BERITA : Fuadh Naim (153090199)

11 komentar:

  1. Daebak. Aku udah kelar tugasnya. tinggal JT

    BalasHapus

JANGAN CUMA BACA YA TEMAN, TINGGALKAN JEJAKMU DENGAN BERKOMENTAR (KALAU BISA JANGAN ANONIM YA) MAKASIH