Minggu, 09 Januari 2011

PELATIHAN EDITING AVIKOM ANGKATAN 09

PELATIHAN EDITING AVIKOM ANGKATAN 09
Mencipatakan Bibit Baru Editor Handal


Dalam proses pembuatan film, kita mengenal tahap yang dinamakan Post Production. Pada tahap inilah seluruh hasil rekam pada saat Produksi (syuting) diolah menjadi sebuah hasil akhir berupa film yang siap discreening. Di sinilah peran penting seorang editor diperlukan.
Editor adalah orang yang sangat berperan penting pada bagaimana film yang diproduksi bisa ditonton orang dengan baik dan pesan sang sutradara dapat tersampaikan. Editor ibarat koki yang harus mengolah bahan-bahan makanan menjadi sebuah hidangan lezat.

Menyadari pentingnya peran editor tersebut, KSM AVIKOM pun mengadakan Pelatihan Editing bagi Angkatan 09 yang diharapkan dapat mencetuskan editor-editor baru yang dapat meneruskan pengetahuan editingnya bagi teman-teman angkatan selanjutnya.
Pelatihan Editing yang dimentori oleh Panji Harya Seta ini bersifat exclusive class. Yang pesertanya hanya dibatasi sebanyak 5 orang. 5 orang Peserta dari Angkatan 09 AVIKOM ini nantinya akan mengikuti Pelatihan setiap Jum’at sore pukul 18.00 wib di tempat yang ditentukan mentor. kelima orang tersebut adalah Agusti puspararas, Fuad Naim, Niti Nurdaelan, Dwi Much Ibramsyah, dan Qinta Amaliandi.

Dalam pelatihan Editing ini, kawan-kawan avikom angkatan 09 yang menjadi peserta akan dikenalkan dengan software Adobe Premiere yang merupakan software editing standar bagi editor. Sampai hari ini, Pelatihan Editing ini telah berlangsung sebanyak 4 kali pertemuan dengan materi yang diberikan mulai dari Pengenalan Software, Coloring, sampai memixing video dengan effect-effect tertentu. Konsep pelatihannya pun bukan hanya memberikan materi, namun peserta diberikan tugas editing yang harus diselesaikan setiap minggunya agar membiasakan peserta menggunakan software editing tersebut.

“Kita itu learning by doing. Editing itu gak bisa Cuma materi, tapi harus sering praktik,” ungkap Panji Harya Seta selaku mentor Pelatihan Editing ini. Dalam kesempatan yang berbeda ia juga sempat berujar bahwa akan tetap meneruskan pelatihan meski Ia tak lagi menjadi Pengurus AVIKOM lagi.
Pelatihan ini pun akan berlanjut dari Basic ke tingkat Advance nantinya. Dan diharapkan, setelah pelatihan ini selesai, kawan-kawan angkatan 09 AVIKOM ini dapat kembali berkarya dengan hasil editing yang lebih baik dan berkualitas. (red)


photo by : bernard
by FUADH NAIM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN CUMA BACA YA TEMAN, TINGGALKAN JEJAKMU DENGAN BERKOMENTAR (KALAU BISA JANGAN ANONIM YA) MAKASIH